Project Kami

9 TIPS DAN TRIK DALAM DALAM FOTOGRAFI Yang Perlu Kamu ketahui

Anda hobby fotografi? berikut beberapa tips dan trik dalam dunia fotografi yang perlu anda ketahui…

Tips no 1. Fokus pada mata
tips-trik-fotografi

Sementara kontak mata tidak selalu diinginkan dalam potret, mata tajam pastinya. Pilih titik AF secara manual yang diposisikan di atas salah satu mata model Anda, atau gunakan titik fokus utama untuk mengunci fokus pada mata mereka.

Kemudian, dengan pelepas rana setengah ditekan untuk menjaga agar pengaturan tetap terkunci, rekomposisikan gambar Anda sebelum mengambil gambar.

Tips no 2. Menggunakan lensa standar atau tele

tips-trik-fotografi-2
Lensa wide-angle adalah pilihan tepat untuk memotret potret lingkungan, di mana Anda ingin menunjukkan seseorang dalam konteks tertentu. Namun, lensa wide-angle yang digunakan close-up akan mendistorsi fitur wajah dan gambar yang tidak menarik.

Pilihan yang lebih baik untuk potret adalah lensa standar atau lensa tele pendek. Panjang fokus potret klasik untuk kamera full-frame adalah lensa utama 50mm, 85mm dan zoom 70-200mm.

Ini akan membantu memampatkan fitur dan memberikan hasil yang lebih alami.

Tips no 3. Gunakan mode Prioritas Aperture

tips-trik-fotografi-3

Aperture Priority memberi Anda kontrol langsung terhadap aperture, dan sebagai hasilnya kedalaman lapangan (DOF).

Lensa utama yang cepat, seperti 50mm f / 1.4 dan 85mm f / 1.2 memungkinkan Anda memilih lubang yang sangat besar untuk kedalaman dangkal lapangan. Ini bisa membantu Anda menciptakan warna lembut dari latar belakang fokus yang memberi potret kualitas profesional.

BACA JUGA  Jimmy Jib Indonesia SuperMoto Championship 2018

Bekerja dengan ketajaman sempit seperti itu berarti Anda harus akurat dengan fokus – seluruh potret akan terlihat lembut jika Anda tidak fokus secara akurat pada mata.

Tips no 4. Menggunakan cahaya dari jendela

 

tips-trik-fotografi-4
Anda tidak memerlukan kit pencahayaan studio rumah yang mahal untuk mengambil potret yang menakjubkan – sebuah jendela dan sebuah reflektor dapat membantu Anda mencapai potret cahaya alami yang menakjubkan tanpa menghabiskan terlalu banyak.

Posisikan model Anda pada sudut ke jendela dan gunakan reflektor putih atau perak untuk membuka bayangan di wajah mereka. Sebuah reflektor perak akan memberi kualitas cahaya yang lebih tajam daripada warna putih, meski efeknya tidak akan sesederhana itu.

Sadarilah setiap cetakan warna yang mungkin diperkenalkan oleh fitur di sisi lain kaca juga – rumput hijau yang rimbun dapat memberi warna pada kulit dengan kualitas yang sakit-sakitan, sementara sinar matahari sore di teras akan memantulkan banyak cahaya hangat.

Tips no 5. High-key portraits

tips-trik-fotografi-5

Sengaja memilih untuk terlalu mengekspos foto untuk menciptakan efek ‘high-key’ menghasilkan tampilan yang ringan dan halus yang dapat meningkatkan potret dan gambar feminin anak-anak.

Caranya bukan dengan meniup highlight di dalam kamera, tapi brighten up shot nanti di software seperti Photoshop.

BACA JUGA  WISUDA SMA NEGERI 1 KALASAN

Memotret file RAW akan memberi Anda ruang kepala pengeditan yang paling banyak, karena Anda akan dapat mengekstrak lebih detail melintasi rentang tonal secara mentah dibandingkan dengan JPEG.

Tips no 6. Potret bayi

tips-trik-fotografi-6
Ketika sampai pada pencahayaan potret bayi, cahaya alami adalah pilihan terbaik. Flash hanya akan berakhir menakutkan mereka. Cobalah dan posisikan mereka di dekat jendela dan gunakan reflektor untuk memantulkan cahaya ke dalam bayangan apa pun.

Semakin banyak cahaya yang bisa Anda hadapi pada subjek Anda, semakin rendah sensitivitas ISO yang dapat Anda gunakan untuk foto berkualitas terbaik.

Untuk menangkap bayi sebaik mungkin, foto mereka tepat setelah diberi makan atau saat mereka bangun pagi-pagi sekali.

Mereka akan lebih aktif dan waspada daripada pada waktu lain hari ini, dan Anda lebih mungkin mendapatkan potret bayi yang saling mendoakan yang disukai orang tua.

Tips no 7. Memotret anak-anak

tips-trik-fotografi-7

Memotret anak memang menyenangkan tapi menantang. Jaga sesi potret anak kecil dan menghibur. Bermain game dengan mereka: tanyakan pada mereka bahwa mereka dapat melihat bayangan mereka di elemen depan lensa adalah cara yang baik untuk mendapatkan beberapa kontak mata.

Sesuaikan lensa sudut lebar dan tembak tanpa melihat, menusukkan kamera ke wajah mereka. Buat mereka terbiasa dengan suara rana dan tidak perlu melihat ke bawah lensa dan tersenyum.

BACA JUGA  PENGAJIAN NAUMAN ALI KHAN JAKARTA

Manfaatkan sebagian besar peluang saat mereka masih sejenak, seperti saat mereka berkonsentrasi pada mainan. Ngobrol dengan mereka seperti yang akan Anda lakukan pada orang dewasa dan begitu Anda telah mengambil beberapa foto, tunjukan hasilnya di layar LCD, sehingga mereka merasa terlibat.

Tips no 8. Memotret dalam mode burst

Apakah Anda mengambil potret anak atau potret kelompok, atur kamera Anda dalam setting drive tercepatnya. Anda tidak perlu melepaskan senapan mesin, tapi tembakan dalam semburan pendek akan memastikan Anda menangkap sekilas ekspresi.

Ini juga meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan suntikan di mana mata semua orang terbuka dalam potret kelompok.

Bahkan jika Anda tidak menangkap mata semua orang terbuka atau senyum berseri mereka, memiliki serangkaian tembakan yang diambil dari jarak terpisah kedua berarti Anda dapat dengan mudah bertukar wajah di Photoshop.

Tips no 9. Potret kelompok yang menyamar

Saat Anda menyusun potret kelompok, hal pertama yang mungkin Anda pertimbangkan adalah ketinggian, menempatkan orang-orang yang lebih tinggi di belakang dan orang-orang yang lebih pendek di depan.

Namun, perhatikan juga pakaian juga. Sangat mudah untuk melewatkan warna bentrok saat Anda berfokus pada ketinggian semua orang, dan itu akan lebih terlihat di gambar akhir.

Untuk memastikan semua orang tampak tajam, Anda perlu melakukannya

 

sumber: www.techradar.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *